Thursday, August 6, 2015

Bahaya Wifi Publik yang perlu diwaspadai

Tahukah anda bahwa mengakses internet melalui jaringan Hotspot Umum beresiko 10 kali lebih berbahaya daripada mengakses internet melalui jaringan pribadi?.  Saat ini di masa yang sudah makin canggih, tidak menutup kemungkinan diikuti oleh tindak kriminal yang kian tinggi, khususnya Cyber crime.
Beberapa waktu yang lalu kita sempat dihebohkan dengan beredarnya data-data pribadi milik artis-artis ternama dunia yang tersebar luas di internet dan dipublikasikan secara bebas. Walaupun kita bukan termasuk "orang penting, namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat terjadi pada kita juga; bahkan dengan berbagai modus, salah satunnya yaitu pemerasan.


Modus Kejahatan Jaringan Hotspot Publik


beberapa modus kejahatan menggunakan hotspot yaitu dengan cara menyediakan jaringan palsu yang mirip dengan jaringan terpercaya di suatu lokasi hotspot publik gratis, Mirip dengan dengan phising.

Pelaku kejahatan menggunakan jaringan hotspot biasanya merupakan pengunjung sebuah tempat yang memiliki jaringan hotspot gratis, dimana pelaku menggunakan produk atau jasa dari tempat tersebut guna mendapatkan password untuk akses hotspot gratis. Pelaku membawa WiFi router portable dengan alat khusus dan membuat jaringan hotspot palsu dengan password yang sama dengan jaringan asli di tempat tersebut. Pengguna yang tidak menyadari akan modus kejahatan ini dapat dengan mudah masuk kedalam jaringan palsu yang dikira layanan terpercaya. Dari sana, pelaku bisa mendapatkan data berupa nama, domisili, jenis kelamin, informasi login, password, website apa saja yang dikunjungi korban, informasi pencarian dan kata kunci serta info penting lainnya. Bahkan, layanan perbankan yang diakses melalui jaringan tersebut dapat menjadi sasaran empuk si pelaku cyber crime.

Tahap pertama, si pelaku akan membuat tiruan jaringan hotspot / WiFi dengan nama dan kata sandi yang disamakan dengan  wifi yg telah disediakan oleh penyedia hotspot gratis, sehingga seolah-olah merupakan jaringan terpercaya. Pelaku bahkan membuat perangkat pengunjung tersambung secara otomatis dengan perangkat router jaringan palsu yang dipersiapkan. Dengan begitu, pelaku dapat melakukan scanning data-data penting dan personal guna mendukung aksi kejahatannya. Maka, berhati-hatilah ketika menggunakan jaringan hotspot publik.

 Penutup


Memang saat ini kejahatan cyber crime belum berkembang pesat di indonesia, dan dapat dikatakan masih sangat kecil kemungkinan terjadinnya. Namun apa salahnya untuk berhati-hati sebelum menjadi korban? maka berhati-hatilah dalam memilih Jaringan hotspot publik, usahakan anda sudah benar-benar tahu sistim pengelolaan jaringan hotspot / wifi tersebut. atau jika ingin lebih berhati-hati, maka gunakanlah koneksi pribadi guna mengakses data internet dengan akun penting.

2 comments:

Silahkan BERKOMENTAR untuk kunjungan balik
NO link active < . = (dot) >,NO SPAM,NO SARA

Ads Inside Post