Sunday, June 21, 2015

Hardware yang diperlukan Dalam Proses Rendering

Assalamualaikum...
Anda anak Multimedia? atau anak Animasi? kalau iya, pastinnya tau donk sama yang namannya Renderring? tapi sudah tahu belum dengan Hardware-hardwarennya ?

Sekedar Mengingatkan saja, Render adalah suatu proses pengolahan dari berbagai data digital menjadi sebuah foto, suara maupun video (termasuk animasi). karena Rendering termasuk kedalam golongan tugas berat, maka Hardware yang diperlukan juga tidak dapat sembarangan karena dapat menyebabkan kerusakan jika komponen Hardware tidak cocok. Dalam proses Rendering terdapat 3 Komponen Hardware yang perlu diperhatikan, antara lain yaitu:

Processor

Dalam rendering, Prosessor adalah Herdware yang paling penting, dikarenakan processor lah yg akan menentukan kecepatan dan waktu yang dibutuhkan dalam proses render, karena pada saat proses render dimulai maka kerja akan diambil alih sepenuhnya oleh processor dengan dibantu RAM atau mungkin GPU. Ada beberapa hal yg berpengaruh pada kecepatan processor pada saat proses Render yaitu :

Jumlah inti (core) processor, dikarenakan semakin banyak core maka akan semakin cepat proses perenderannya. Semisal, processor dual core dengan kecepatan 3.5Ghz masih kalah dengan prosessor Quad core 2.0Ghz. Dikarenakan Quad core lebih cepat 2x dari dual core (quad core=4, dual core=2).

Semakin tinggi kecepatan clock processor, maka semakin cepatlah Kinerjannya. karena saat ini hampir semua program pengolah grafis atau video, sudah mendukung proses Multicore dan multi thread yang berguna untuk mempersingkat waktu rendering.

Memory

Selanjutnya, Hal yang dibutuhkan juga dalam rendering yaitu memory. Apa yang Mempengaruhi ? yaitu kapasitas dan kecepatannya. Semakin besar kapasitasnya akan mempengaruhi pada transfer ratenya. dikarenakan kebanyakan dari program grafis, 3D dan 2D dikenal membutuhkan banyak memory. Dan ketika kapasitas RAM semakin besar, maka akan mengurangi swapping memory ke virtual memory di Harddisk, sehingga tidak akan memperlambat proses Rendering. (NB: Swapping= titip data)

Jika kapasitas RAM kurang maka juga akan mempengaruhi proses Rendering. Kecepatan Harddisk saat ini masih lambat (5200RPM-7200RPM), dikarenakan perkembangan Harddisk dari tahun ke tahun tidak berbeda jauh. Berbeda dengan SSD yang memiliki kecepatan hingga 3x lipat dari kecepatan Harddisk, dan bahkan lebih sehingga apabila terlalu banyak swapping memory ke Harddisk, maka akan menghambat proses Rendering.

Dalam Rendering, Ketahanan dari RAM juga sangat Penting, dikarenakan dalam pengolahan grafis RAM akan bekerja lebih berat daripada saat bermain Game. Kapasitas yang dianjurkan dalam proses rendering yaitu antara 6 sampai 16, lebih juga tidak apa-apa. :v dan diutamakan menggunakan slot dual channel (4=2x2) (8=4x4) (16=8x8) (32=16x16) dan dengan kecepatan yang sama

Motherboard dan Heatsinkfan

Sebenarnya peranan Motherbuard hannya sebagai komponen pendukung saja, karena jika Motherboard dan Heatsinknya jelek, dapat menyebabkan seluruh komponen Terbakar karena saat proses Rendering Clock Processor akan Bekerja secara maksimal yaitu 97-99, bahkan 100% dan tentunnya menyebankan panas yang berlebih.  Pilihlah chipset kelas performance, biasanya seri hi-end, karena mampu menghandle kapasitas data Besar yg diolah dan ditransfer antara komponen komputer dengan cepat, terutama jalur Input Output seperti ke Harddisk dan jalur PCInya (Bila menggunakan Add On Card). Hal ini juga menjadi perbedaan penting antara Chipset Performance dgn yg chipset biasa, karena mempengaruhi performa seluruh kinerja PC 

kita juga harus memperhatikan masalah ketahanan atau durability-nya, dikarenakan system ini akan digunakan untuk sprint (kerja cepat) dan marathon (kerja berat dan lama).

VGA

Tugas dari VGA yaitu memproses bidang virtual 3D (pada viewport), sehingga VGA tidak mempengaruhi apapun ketika dalam proses render. VGA hanya bekerja pada saat modeling dan menganimasikan objek 3D, Setelah proses Render dimulai, seluruh proses sepenuhnya diambil alih oleh processor dan RAM. Namun perlu diketahui bahwa saat ini teknologi VGA sudah mulai digunakan dalam proses Rendering, namun dari yang saya ketahui jumlah VGA yang sudah support untuk Rendering juga masih tergolong sedikit dan tidak sembarangan.

Raw power dan kapasitas memory digunakan untuk menangani jumlah polygon yg banyak, kemudian bandwidth juga digunakan agar caching previewnya lebih cepat dan lancar. sebelum memilih sebuah VGA ada baiknya pula melihat spesifikasi VGA tersebut terlebih dahulu, spesifikasi yang dianjurkan meliputi : Kecepatan Clock, Kapasitas Memory, Tipe VGA (GDDR3/GDDR5) ukuran bit (128/256/dll) dan fitur Full support Direct 3D dan OpenGL, untuk kompatibilitas dengan aplikasi. 

Saat ini hampir seluruh VGA sudah mendukung fitur OpenGL dan Direct 3D, namun  saat ini produk NVidia dikatakan lebih unggul dikarenakan termasuk perintis dan pengembang OpenGL. terlepas dari itu juga, mayoritas developer software multimedia dan grafis (adobe dan autodesk) dalam Pembuatan dan Pengembangan coding-nya menggunakan hardware dan OpenGL milik NVidia.

NB: VGA yang digunakan untuk bermain Game dan Rendering berbeda, dikarenakan terdapat fitur-fitur yang tidak saling dimiliki oleh kedua tipe VGA tersebut.

ketika memilih hardware hardware tersebut juga jangan asal beli, perhatikanlah dahulu fitur-fiturnya, seperti tipe processor yang enak digunakan untuk kegiatan produktifitas yaitu bertipe Workstation seperti Xeon (Intel) dan Opteron (AMD)

59 comments:

  1. spec lengkapnya, saat ini seperti apa? Merk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai :
      processor core i5 6500
      RAM 8gb ddr4
      ssd galax ssd gamer 240gb
      motherboard asrock gaming k4
      dan saya menggunakan vga onboard, karena performanya tidak kalah dengan vga dedicated kelas menengah tahun 2015

      Delete
    2. Woy... Kalo syirik gak usah ngajak2...

      Delete
    3. Ngucapin trima kasihnya ke orangnya aja jgn d sni...
      Zaman IT malah ngajak kezaman kuno pula...

      Delete
    4. Lagi ngomongin komputer bukan jin iprit

      Delete
  2. spec lengkapnya, saat ini seperti apa? Merk apa?

    ReplyDelete
  3. menggunakan slot dual channel (4=2x2) (8=4x4) (16=8x8) (32=16x16),,, mas matematika anda dulu dapat berapa??? hadeh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya begini ya mas kalau dual channel (4=2x2) (8=2x4) (16=2x8) (32=2x16)
      kalau 4x4 itu udah 4 channel mas ... saking seriusnya bikin blog sampai salah .. hehe

      Delete
    2. gpp kali om/tante, yg penting saya selaku pembaca mengerti apa yg disampaikan penulis... hehehehe

      Delete
    3. Mungkin maksudnya 2+2 bukan 2x2

      Delete
    4. Mungkin maksudnya 2+2 bukan 2x2

      Delete
    5. hehehe, mungkin juga salah saya nulis seperti begitu
      namun maksud dari "4x4" yaitu 4gb disandingkan dengan 4gb jadi hasilnya 8gb

      namun sepertinya di atas text tersebut ada kata "dual" jadi pemahamannya gini, masa komputer punya 16 slot ram

      biasanya situs luar memakai tanda "x" untuk mengartikan "disandingkan"
      karena tanda "+" sudah digunakan untuk kebutuhan lain dalam pembahasan tentang memory RAM

      sekali lagi mohon maaf atas kesalahan saya :)

      Delete
    6. Mb yg ada 4 slot ram support dual channel n mb yg ada 8 slot ram support quad channel

      Delete
    7. mas luqman, tetganting jenis prosesornya
      AMD atau Intel,

      Delete
    8. jadi yg dimaksud "x" itu adalah perkalian. bukan di sandingkan. jadi kalo dual canal pasti di depan 2 trus dikalikan kapasitas memori per keping berapa. jd kalo 4gb=2x2gb, 8gb = 2x4gb 16gb=2x8gb. kalo 4 canal 8gb=4x2gb 16gb=4x4gb, dst....

      Delete
  4. Udh mah tinggal ngebaca dpet ilmu.. malah protess.. gk tau diri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe tidak apa² mas, takutnya nanti jadi salah paham

      Delete
    2. Orang nie banyak gak tau .. tapi malah ngotot .. sabar ajja bang .. thanks infonya bermanfaat vanget

      Delete
  5. Udh mah tinggal ngebaca dpet ilmu.. malah protess.. gk tau diri..

    ReplyDelete
  6. Mas saya mau nanyak kok komputer saya lambat sekali padahal pakai core i5 2410m 2.30ghz, Ram 4gb, Vga ati radeon 1gb.
    Apa yg salah iya mas? MOHON pencerahan nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu laptop ya?
      Memang performa processor laptop tidak setangguh performa komputer desktop

      Dan setahu saya, processor milik mas bisa dikatakan sudah termasuk ketinggalan jaman, karena processor ini merupakam processor generasi ke 2, dengan jumlah core 2 dan thread 4

      Kalau mau cepat ya harus beli laptop terbaru dengan spec yg memadai, atau kalau khusus dirumah dapat membeli PC mas, karena dengan harga yg sama dapat spec yg lebih tinggi

      Kalau mau tanya2 bisa lewat email atau fb :D

      Delete
    2. Itu laptop ya?
      Memang performa processor laptop tidak setangguh performa komputer desktop

      Dan setahu saya, processor milik mas bisa dikatakan sudah termasuk ketinggalan jaman, karena processor ini merupakam processor generasi ke 2, dengan jumlah core 2 dan thread 4

      Kalau mau cepat ya harus beli laptop terbaru dengan spec yg memadai, atau kalau khusus dirumah dapat membeli PC mas, karena dengan harga yg sama dapat spec yg lebih tinggi

      Kalau mau tanya2 bisa lewat email atau fb :D

      Delete
    3. Kenapa harus beli leptop baru.. kan tinggal upgrade processorx aja wkwkwk

      Delete
  7. Laptop mas.
    Kalau ketinggal zaman apakah ram nya bisa diuprgrade mas ke 8gb, supaya bisa direnderinh.

    Apakah itu ngaruh mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat disarankan sekali untuk upgrade ram ke 8gb (kalo belum ada rencana untuk upgrade laptop).

      Performa naik 2x lipat.

      Delete
    2. Sangat disarankan sekali untuk upgrade ram ke 8gb (kalo belum ada rencana untuk upgrade laptop).

      Performa naik 2x lipat.

      Delete
  8. Iya mau tanya, generasi prosesorpengaruh enggak
    Contoh core i5 kabylake vs core i7 broadwel

    ReplyDelete
  9. kata siapa VGA tidak berperan.. wkwk

    ReplyDelete
  10. Om spek seperti yg om jelaskan ini

    processor core i5 6500
    RAM 8gb ddr4
    ssd galax ssd gamer 240gb
    motherboard asrock gaming k4
    dan saya menggunakan vga onboard, karena performanya tidak kalah dengan vga dedicated kelas menengah tahun 2015

    Kalau build sekarang kira2 habis brp ya untuk PC nya aja?

    Thanks

    ReplyDelete
  11. Intel Core i5 - 4460
    DDR3 8GB ( 2 x 4 ) PC12800 1600Mhz
    Motherboard ASUS H81M - E
    Graphics ASUS GTX 750 Ti 2GB DDR5

    Worth It Untuk PC Di 2017 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti nya tidak mas untuk vga nya harap di upgradd seperti gtx 1050ti atau rx 470

      Delete
  12. Mau nanya mas.
    Sy sangat awam dgn cmptr pc.
    Saya beli PC rakiitan utk render video jadi sy serahkan sama penjualnya.
    Spek yg di kadihkan sama saya adalah:
    Mobo MSI Z77-G43
    Procesor core i7-3770 CPU@3.40GHz
    Memory RAM 2X8 ( 16G ) Corsair
    VGA NVIDIA GTX 770 PALIT jetstar
    Tapi kalo sedang render CPU Usage bisa sampai 94%
    Kira kira normal atau perlu di updt lagi procesornya ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam gan,
      Menurut saya akan lebih baik apabila prosesor yang mas ambil terdapat seri K. Karena motherboard anda terdapat fitur overclocking (singkatnya menambah kecepatan prosesor scr cuma-cuma) akan tetapi dengan dipadukan cooling yang sepadan.

      Saya juga sarankan untuk beralih ke ryzen. Karena dengan harga yang murah , anda akan mendapatkan performa rendering yang lebih baik di bandingkan intel.

      Silahkan mampir di blog saya
      www.tehoday.blogspot.co.id

      Delete
    2. Kalo mau makin yahud pakek prosesor server mas contoh e3 mas😬

      Delete
  13. saya mau tanya apa bisa kalau saya mau render menggunakan lebih dari satu PC dengan spec CPU yang berbeda-beda..?
    saya punya 3 CPU, 2 CPU spec-nya persis sama, yang satunya lagi spec-nya berbeda, apa ketiga CPU ini bisa digabungkan menggunakan kabel LAN supaya proses render bisa mencapai performa yang lebih maksimal?
    Apa faktor resikonya besar?

    ReplyDelete
  14. Apakah kecepatan ram juga mempengaruhi pada saat ngerender? Kalo iya sy mau ambil 2x8 dengan kecepatan 2000an

    ReplyDelete
  15. Gan saya mau tanya CPU laptop saya intel core i3 4 CPU, GPU Intel HD grapics 3000 Ram 4 GB, nah saya kan pengen upgrade supaya bisa lebih ringan buka After effect dan Premier Pro kira kira Tambah Ram 8 GB bisa gak dan kira-kira nantinya ngaruh gak ke proses renderingnya? Soalnya kalo laptop kan CPU dan GPU gak bisa di upgrade.. sory kepanjangan.. Tks jawabannya..

    ReplyDelete
  16. min pc saya menggunakan prosesor AMD Athlon X4 880K, ram 4GB,VGA R7 250 power color,SSD 120GB,lancar kah buar rendering ??

    ReplyDelete
  17. saya pake dual CPU xeon E5-2650, core 16, ram 16 keping 8GB, VGA nvidia quadro 4000.
    CPU seri lama tpi render after effect media encoder lancar jaya. buka 3-4 software adobe tanpa lag.

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum. Mas, saya menggunakan pc intel core i3, ram 4Gb dan nVidia Geforce 820m. Kalau saya tambah ram jadi 4 Giga kira2 apakah proses render tetap panas pada pc ya ?
    Terimakasih banyak ilmu nya

    ReplyDelete
  19. informasi yang bermanfaat sekali min ...
    solder uap

    ReplyDelete
  20. amd phenom tm ii x3 710 processor 2.60 ghz
    min processor ini masi bagus ga buat rendering
    btw ini dari tuan 2008 sih

    kalo beli baru ada saran beli yg merk apa gitu


    makasih min

    ReplyDelete
  21. Saya mau nanya bang, jadi intinya yang mempengaruhi hasil render, bagus atau jeleknya video yg dihasilkan itu dari hardware yg mana ya?

    ReplyDelete
  22. Yg punya rumah bnyk yg protes, yg sabar ya mas,klo sy sih udh paham apa yg di maksud. Artikel di atas udh mbantu buat sy. Pd intinya smua ingin bagus modalpun harus gde...hehe. tnks

    ReplyDelete
  23. Mang saya pake pc tapi ga ngerti menggunakan nya untuk apa. Tiap harinya sy cuma buka broser doang sama liat2 album .

    ReplyDelete
  24. Mas sy mau nanya apakah wajar kalo lg render sy lihat di task manajer grafik cpu mentok 100%spec 3dmax vray engine, core i3, ram dual 2x4.
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  25. Mas sy mau nanya apakah wajar kalo lg render sy lihat di task manajer grafik cpu mentok 100%spec 3dmax vray engine, core i3, ram dual 2x4.
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Sebagai pelaku jasa pembuatan desain uraian di atas membantu kami apa yang perlu dibenahi dalam proses desain

    ReplyDelete
  28. Keren dan sangat bermanfaat.

    Maaf Pak, kalau saya boleh tahu hardware yang diperlukan untuk Lumion tapi (biaya untuk membeli hardware yang paling minimum, maksudnya nanti asal bisa beroprasi). Tolong sebutkan dan jelaskan.
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. VGA sama GPU gimana? saya pakai filmora, sewaktu mau export video, ada opsi "pakai vga/gpu (saya lupa) untuk akselerasi". nah gimana tuh bang?

    ReplyDelete

Silahkan BERKOMENTAR untuk kunjungan balik
NO link active < . = (dot) >,NO SPAM,NO SARA

Ads Inside Post