Wednesday, March 4, 2015

Susunan Kabel LAN tipe Stright dan tipe Cross

Kabel LAN (Local Area Network) adalah benda yang paling sering digunakan oleh seorang teknisi jaringan, juga pekerjaan lain yang berkaitan dengan jaringan komputer, dan merupakan hal Dasar yang harus diketahui oleh setiap anak IT. Oleh karena itu kali ini Saya akan membahas sedikit tentang urutan dan susunan tipe Kabel Stright dan Cross.

Agar sebuah jaringan komputer dapat terhubung dengan menggunakan kabel, ada dua jenis kabel yang dapat digunakan. Yaitu kabel Stright-through dan kabel Crossover. Perbedaan dasar dari keduanya terdapat dari susunan kabel yang berbeda. Sedangkan dari fungsinya perbedaannya adalah jika kabel cross berfungsi untuk menghubungkan dua perangkat yang sama. Seperti PC dengan PC, HUB dengan HUB, Router dengan Router, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk fungsi dari kabel Stright yaitu untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, Seperti PC dengan HUB, HUB dengan Switch, atau Switch dengan PC, dan lainnya.
Konektor yang dapat digunakan adalah konektor jenis RJ-45.

Susunan Kabel Stright

Susunan dari kabel stright, urutannya sama di kedua sisinya. Berikut ini adalah susunan kabel LAN untuk tipe stright :

Putih Orange - Putih Orange
Orange - Orange
Putih Hijau - Putih Hijau
Biru - Biru
Putih Biru - Putih Biru
Hijau - Hijau
Putih Coklat - Putih Coklat
Coklat - Coklat

susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-susunan kabel tipe stright-

Susunan Kabel Cross

dan ini adalah susunan kabel LAN untuk tipe cross :

Putih Orange - Putih Hijau
Orange - Hijau
Putih Hijau - Putih Orange
Biru - Biru
Putih Biru - Putih Biru
Hijau - Orange
Putih Coklat - Putih Coklat
Coklat - Coklat

susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-susunan kabel tipe cross-

Dengan mengetahui urutannya masing-masing kita dapat membuat sendiri kabel LAN dengan tambahan alat yang disebut dengan crimping tool.

Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. Terimakasih bro!
    Bisa buat referensi soal Ujian Sekolah

    ReplyDelete
  2. manteb dah ini min, makasih sudah share ...
    alat servis hp

    ReplyDelete

Silahkan BERKOMENTAR untuk kunjungan balik
NO link active < . = (dot) >,NO SPAM,NO SARA

Ads Inside Post